boko haram set-fireAbuja, LiputanIslam.com — Lebih dari 100 orang diyakini tewas oleh serangan kelompok teroris Boko Haram di hari pertama bulan Ramadhan, Minggu (29/6). Serangan terjadi di dekat kota Chibok, Provinsi Borno.

Dilaporkan oleh kantor berita DPA dan dikutip oleh voice of russia kemarin (29/6), Boko Haram menyerang 5 gereja di kota yang mayoritas penduduknya beragama Kristen tersebut. Sebagian besar korban adalah warga yang hendak beribadah di gereja.

Selanjutnya mereka menyerang kawasan pemukiman Kautikari, membunuhi warga dan membakari rumah-rumah.

Belum ada keterangan dari pemerintah tentang insiden berdarah terakhir ini.

Kota Chibok adalah tempat dimana kelompok Boko Haram menculik lebih dari 200 pelajar sekolah menengah perempuan, 14 April lalu. Sampai saat ini para pelajar tersebut belum juga berhasil dibebaskan, meski militer Nigeria mengklaim telah mengetahui lokasi penyanderaan mereka di tengah hutan.

Boko Haram telah membunuh lebih dari 2.000 orang tahun ini saja. Ketika pertama kali terbentuk tahun 2009 kelompok ini hanya mentargetkan orang-orang Kristen dan mengklaim berjuang untuk menegakkan negara Islam. Namun dalam perkembangannya, mereka juga menyerang orang-orang muslim.

Sejak pertengahan 2013 kelompok ini tidak lagi memandang etnis dan kelompok agama, menyerang penduduk sipil di rumah-rumah, pasar-pasar sekolah hingga rumah sakit.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL