gempa nepalKathmandu, LiputanIslam.com — Diperkirakan lebih dari 1.000 orang tewas dalam musibah gempa bumi yang terjadi di Nepal, Jumat petang (24/4). Ini merupakan musibah gempa terburuk di Nepal dalam 80 tahun terakhir.

Gempar berkekuatan 7,8 skala Ritcher ini menghantam wilayah tengah Nepal antara ibukota Kathmandu dan kota Pokhara. Demikian seperti dilaporkan BBC News.

Korban dikabarkan juga dialami sebagian wilayah India, Bangladesh, dan Tibet serta di kaki Gunung Everest dimana goncangan gempa menimbulkan salju dan tanah longsor.

Pemerintah telah mengumumkan kondisi darurat di wilayah-wilayah yang terkena bencana dan bantuan telah ditawarkan oleh sejumlah negara.

Informasi lengkap masih belum bisa dikumpulkan di wilayah pusat bencana dimana kerusakan hebat dikabarkan terjadi, dan terdapat kekhawatiran bahwa jumlah korban sebenarnya jauh lebih besar.

AS telah mengirimkan bantuan ke Nepal berupa tim pencari dan penyelamat serta bantuan dana sebesar $1 juta untuk penanganan darurat. Demikian lembaga bantuan AS, USAid, mengklaim.

Perdana Menteri India Narendra Modi juga telah mengirimkan pesawat transport militer dengan 3 ton bantuan makanan dan obat-obatan serta tim pencari sebanyak 40 orang. Pejabat-pejabat INdia menyebutkan tiga pesawat bantuan lain akan segera menyusul.

Sementara itu PM Inggris David Cameron dan Presiden Perancis Francois Hollande juga menyatakan kesiapannya untuk memberikan bantuan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL