Lebanon, France finalize $3 billion arms deal

Tentara Lebanon, sumber foto: Al-Alam

LiputanIslam.com — Lebanon dan Perancis akhirnya telah menyelesaikan kesepakatan atas transaksi senjata , yang  merupakah hibah dari Saudi senilai 3 milyar dollar AS yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan militer Lebanon. Harian lokal  An Nahar, mengutip dari sumber-sumber diplomatik Paris mengatakan bahwa seseuai dengan kesepakatan tersebut, Tentara Lebanon akan diperlengkapi dengan  senjata untuk pertahanan darat, udara dan pertahanan laut.

Arab Saudi telah berjanji untuk membeli senjata dari Paris yang akan digunakan untuk mendukung Lebanon, namun tidak dijelaskan secara rinci senjata apa saja yang termasuk di dalam perjanjian tersebut. An-Nahar mengatakan bahwa kesepakatan itu diharapkan akan diumumkan saat  konferensi donor internasional di Paris pada tanggal 5 Maret.

Konferensi yang dikenal dengan  International Support Group (ISG) untuk Lebanon, mengadakan pertemuan pertama di New York pada bulan September. ISG bertujuan untuk mengkoordinasikan dukungan internasional untuk Lebanon dalam menanggapi tantangan belum pernah terjadi sebelumnya yang ditimbulkan oleh krisis Suriah .

Hibah Saudi merupakan reaksi yang datang untuk bersiap-siap menghadapi tantangan keamanan. Gigihnya militant radikal dalam menyerang Lebanon membuat Tentara Lebanon mau tak mau harus melakukan sikap tegas kepada kelompok teroris, seperti kelompok al-Qaeda.  Tentara Lebanon juga  turut berperan aktif dalam mencegah proses penyelundupan senjata dari Lebanon ke Suriah maupun sebaliknya. (LiputanIslam.com/AF)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL