Army_Arrests

Tentara Lebanon menangkap anggota kelompok Abdullah Azzam Brigades yang diduga terlibat dalam aksi pemboman terhadap kantor kedubes Iran yang menewaskan 25 orang bulan November lalu. Demikian keterangan resmi Tentara Lebanon, Rabu (15/1).

“Setelah menyelidiki insiden serangan teroris terhadap pos penjagaan militer di Sidon tgl 15 Desember 2013, Biro Inteligen Militer dini hari ini (Rabu 15/1) menangkap anggota Abdullah Azzam Brigades bernama Jamal Daftardar di barat Bekaa, Lebanon Utara,” demikian pernyataan resmi militer Lebanon usai penangkapan.

Dalam pernyataan tersebut disebutkan juga bahwa seorang anggota kelompok teroris tersebut tewas tertembak dalam upaya penangkapan setelah menyerang aparat keamanan yang hendak menangkapnya dengan lemparan granat.

Sebelum penangkapan ini akhir tahun lalu militer Lebanon juga telah menangkap tersangka utama bernama Majid al-Majid, warga Saudi yang merupakan pimpinan kelompok Abdullah Azzam Brigades dan disebut-sebut sebagai seorang pejabat inteligen Saudi. Namun secara misterius Majid tewas dalam tahanan tgl 4 Januari lalu sebelum penyelidikan berhasil mengungkap otak serangan bom terhadap kedubes Iran. Dengan penangkapan kali ini harapan terbongkarnya jaringan teroris di Lebanon yang telah banyak melakukan berbagai serangan mematikan sejak keterlibatan Hizbollah dalam konflik Syria, menguat kembali.

TIM PENCARI FAKTA IRAN TIBA DI LEBANON

Sejak awal pemerintah Iran yang berkepentingan langsung dengan kasus pemboman maut ini menganggap sangat serius kasus ini dan telah meminta pemerintah Lebanon untuk menyediakan akses informasi penuh terhadap penyidikan kasus ini.

Terkait dengan penangkapan ini pun saat ini sebuah delegasi pencari fakta Iran telah berada di Lebanon. Tidak tanggung-tanggung, delegasi ini dipimpin oleh Wakil Menteri Hukum Abdol-Ali Mirkouhi. Delegasi ini tiba di Lebanon beberapa tidak berselang lama dari pengumuman penangkapan anggota Abdullah Azzam Brigadeswere dan disambut langsung oleh dubes Iran di Lebanon Ghazanfar Roknabadi di Bandara Rafiq Hariri International Airport, Beirut.

Delegasi dijadwalkan akan bertemu dengan beberapa pejabat penting Lebanon seperti Menlu Adnan Mansour, Mendagri Marwan Charbel, Menhum Shakib Qortbawi, dan Kajagung Samir Hammoud serta para pejabat inteligen militer Lebanon.(CA/AL-MANAR/AL-AKHBAR)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL