Potret Mike Pompeo: Sumber: AFP

Washington,LiputanIslam.com—Beberapa sumber internal di dalam pemerintahan Donald Trump, menyebut Pompeo kemungkinan akan menjadi sosok kedua dalam sejarah AS yang memiliki dua tugas, pertama sebagai Sekretaris Negara dan kedua sebagai Penasehat Keamanan Nasional. Sebab, menurut sumber tersebut, Trump tidak akan memberhentikan Pompeo sebagai Sekretaris Negara. Sebelumnya, Henry Kissinger pernah memegang dua jabatan yang sama pada masa pemerintahan Richard Nixon.

Masih belum jelas apakah Trump memasukkan Pompeo sebagai salah satu kandidat Bolton. Presiden Trump mengaku telah memiliki lima orang kandidat yang menurutnya sangat mumpuni.

Menurut CNN, meskipun Trump tidak memasukkan Pompeo sebagai salah satu kandidat, tapi secara de-facto, posisi Penasehat Keamanan Nasional sementara dipegang telah dipegang oleh Pompeo.

CNN menyebut, jika Pompeo akan sangat berkuasa di pemerintahan Trump jika dia benar-benar memegang dua jabatan sekaligus.

Baca: Para Pemimpin Arab Berduka Atas Pemecatan Bolton

CNN juga mengungkap beberapa diplomat yang telah dimasukkan Trump sebagai kandidat, di antaranya adalah Brian Hook, utusan khusus AS untuk Iran, dan Steve Biegun, utusan khusus AS untuk Korea Utara. Dua kandidat ini adalah figur yang sangat pro terhadap kebijakan-kebijakan Trump. (fd/Sputnik)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*