Tehran,LiputanIslam.com—Berdasarkan data yang dirilis oleh Biro Sensus AS, nilai perdagangan antara Iran dan AS dalam enam bulan terakhir 2019 mengalami penurunan hingga lebih dari 50 persen.

Jika dihitung sejak Januari hingga Juni, nilai perdagangan antar kedua negara berjumlah $42.5 juta. Data ini menunjukkan adanya penurunan nilai perdagangan hingga 57%, jika dibandingkan dengan data periode yang sama tahun lalu.

Laporan itu menyebutkan, tahun lalu, nilai perdagangan antara kedua negara di periode yang sama mencapai $99.4 juta.

Baca: AS Tetap Inginkan Diplomasi Ketimbang Perang dengan Iran

Pada 2018, Sejak Januari hingga Juni, Amerika dilaporkan telah melakukan ekspor ke Iran senilai $62.3.

Laporan ini muncul saat ketegangan antara Iran dan AS semakin meningkat pasca diberlakukannya sanksi Washington terhadap Tehran.

Sejak tahun lalu, AS menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 dengan Iran (JCPOA). Sejak saat itu, Presiden AS, Donald Trump, berusaha mengurangi ekspor minyak Iran hingga mencapai “nol”. Selain itu, AS juga mengirim sekelompok kapal induk, pasukan pengebom, dan kapal serbu amfibi untuk memperkuat tekanan untuk Iran.

Namun, para pejabat Iran telah mengecam tindakan semacam itu dan menyebut Iran mempunyai caranya sendiri untuk menghindari serangan sanksi AS dan mengekspor minyaknya. (fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*