drone (foto: Kompas)

drone buatan Indonesia (foto: Kompas)

Semarang, LiputanIslam.com–Cita-cita Presiden Joko Widodo untuk menggunakan drone (pesawat tanpa awak) dalam mengawasi perairan Indonesia hampir terwujud. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) saat ini sedang mengembangkan pesawat tanpa awak untuk mengawasi perairan Indonesia. Nantinya pesawat jenis drone itu akan memberi laporan ke darat jika ada illegal fishing.

Hal itu diungkapkan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof M. Nasir di Semarang, seperti dikutip Detikcom (30/1/2015) .

M. Nasir mengatakan pihaknya mendukung Presiden Joko Widodo terkait pengawasan di perairan Indonesia. Oleh sebab itu dikembangkanlah drone yang sanggup membantu pengawasan agar tidak ada illegal fishing.

“Pesawat tanpa awak, bisa terbang sejauh 200 km dari darat, bisa dikendalikan dari darat dan terekam lewat kamera. Ini <i>drone</i>. Nantinya bisa berikan sinyal jika ada illegal fishing kemudian pengawas langsung meluncur,” kata M. Nasir.

Meski demikian menurutnya masih perlu banyak pengembangan karena jarak tempuh 200 km sangatlah kurang sehingga perlu diperluas agar tugas pemantauan di perairan Indonesia lebih mudah.

“Tidak cukup 200 km, harus lebih besar lagi sekitar 600 km. Riset ini dari LAPAN,” tandasnya.

Pada masa kampanye pemilihan presiden, Jokowi  mengatakan pencurian ikan (illegal fishing) yang terjadi selama ini menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi Indonesia. Karena itu, Jokowi bercita-cita memiliki pesawat tanpa awak alias drone untuk mengawasi perairan Indonesia.

“Akibat illegal fishing, besar sekali kehilangan kita. Kami bermimpi punya drone supaya kelihatan di mana terjadi illegal fishing dan bisa menggebuk dengan tepat sasaran,” kata Jokowi dalam Dialog Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dengan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Djakarta Theatre, Jakarta, Jumat, 20 Juni 2014. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL