KPK 1Jakarta, LiputanIslam.com — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  Zulkarnain, hari ini, dilaporkan ke dua lembaga penegak hukum, yaitu ke Kejaksaan Agung dan Badan Reserse Kriminal Polri oleh Ketua Presidium Aliansi Masyarakat Jawa Timur Fathur Rosyid.

Namun Fathur belum mau menyebut soal substansi masalah yang akan dia laporkan ke Kejaksaan Agung dan Polri. “Nanti kami konferensi pers di sana,” kata dia.

Dari laporan cnnindonesia.com, berdasarkan keterangan Fathur sebelumnya, dia akan melaporkan dugaan korupsi dana hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Jawa Timur pada 2008.

Seperti diketahui, kisruh antara KPK dan Polri bermula dari penetapan calon tunggal Kapolri, Komisaris Jenderal Budi Gunawan, sebagai tersangka atas kasus rekening gendut.

Sepekan setelah Budi Guawan ditetapkan KPK sebagai tersangka, Jumat, 23 Januari 2015, Bareskrim Polri menangkap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dan menetapkannya sebagai tersangka dalam kasus pemberian keterangan palsu di depan sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, tahun 2010. Saat itu Bambang merupakan pengacara dari salah satu pihak yang bersengketa.

Selanjutnya pada Sabtu, 24 Januari 2015, Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri atas tuduhan mengambil paksa saham milik PT Desy Timber, perusahaan penebangan kayu yang beroperasi di Berau, Kalimantan Timur, pada tahun 2006. Saat itu, Adnan menjadi penasihat hukum perusahaan tersebut.

Lalu pada Senin, 26 Januari 2015, Ketua KPK Abraham Samad juga dilaporkan ke Bareskrim Polri atas tudingan melakukan pertemuan dengan petinggi partai politik untuk melakukan lobi politik dengan imbalan bantuan hukum bagi kader partai Emir Moeis sebagaimana yang ditulis dalam artikel ‘Rumah Kaca Abraham Samad’ di Kompasiana.

Hingga akhirnya hari ini Wakil Ketua KPK Zulkarnain juga dilaporkan ke Polri. Artinya, semua pimpinan KPK berstatus terlapor dan tersandung masalah hukum. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL