komunis cinaBeijing, LiputanIslam.com — Seorang pejabat tertinggi partai komunis yang terjerat kasus korupsi akhirnya dipecat dari jabatannya.

Su Rong, pejabat tersebut, sebelumnya menjabat sebagai pemimpin partai komunis di Provinsi  Jiangxi. Ia menjadi pejabat partai komunis tertinggi yang dipecat karena korupsi sejak Presiden Xi Jinping menduduki jabatannya.

Su Rong dipecat dari jabatan terakhirnya sebagai wakil ketua badan penasihat parlemen, demikian laporan media-media lokal sebagaimana dikutip BBC, Rabu (25/6).

Puluhan ribu pejabat dan pegawai pemerintah dan partai komunis telah ditangkap sejak Presiden Xi melancarkan kampanye anti-korupsi tahun 2012.

Sebuah tim auditor khusus yang dibentuk pemerintah baru-baru ini menemukan 314 pelanggaran disiplin serius, naik dari angka 175 kasus tahun sebelumnya. Demikian lapor BBC.

Pemecatan Su Rong tanpa disertai penjelasan detil tentang kesalahan-kesalahan yang menjadi dasar pemecatannya. Namun para penyidik mengumumkan beberapa waktu lalu bahwa ia diperiksa karena tindakan pelanggaran disiplin.

Seperti biasa, setiap “pelanggaran disiplin” diikuti dengan langkah penyidikan serius, dan itu terjadi juga dalam kasus Su Rong.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL