isis amerikaWashington DC, LiputanIslam.com — Seorang anggota kelompok militan asal AS bernama Douglas McCain, dinyatakan tewas dalam pertempuran di Suriah. Demikian pernyataan Gedung Putih kepada keluarganya.

Seorang sepupu Douglas McCain mengatakan kepada BBC News, pemerintah AS telah memanggil orang tua McCain, hari Senin (25/8) untuk mengabarkan kematian anaknya.

Kantor berita NBC melaporkan, McCain ditemukan tewas oleh pasukan kelompok Free Syrian Army setelah terjadinya pertempuran akhir pekan lalu.

Seorang pejabat kemenlu AS mengatakan kepada CNN bahwa McCain bertempur bersama kelompok ISIS yang kini menguasai sejumlah besar wilayah di Suriah dan Irak.

Pemerintah AS memperkirakan sekitar 100 warga negara AS telah bergabung dengan kelompok-kelompok militan yang memerangi pemerintah Suriah.

“Keluarga kami menerima kabar dari pemerintah. Saya sangat terkejut,” kata sepupu McCain, Jocelyn Smith, kepada BBC.

Menurut Smith keluarganya tidak terkejut ketika mengetahui McCain berpindah keyakinan sekitar 10 tahun yang lalu. Namun mereka terkejut ketika mengetahui ia telah pergi ke Suriah untuk berperang.

“Ia adalah orang yang manis dan apapun alasan yang membuatnya pergi tidak lepas dari kebencian. Saya pikir ia berada di Turki, dan mengapa ia ke sana masih belum jelas bagi kami,” tambahnya.

McCain lahir di negara bagian sebelum pindah bersma keluarganya ke California, tambah Smith.

McCain bukan warga AS pertama yang tewas dalam pertempuran di Suriah di pihak pemberontak. Sebelumnya
2 warga AS, Nicole Lynn Mansfield dan Moner Mohammad Abu-Salha, juga telah tewas dalam pertempuran.

Mansfield (33 th), seorang muallaf, tewas bulan Mei 2013 saat mencoba menyerang pasukan pemerintah. Sedangkan
Salha (22 tahun) yang berasal dari West Palm Beach, Florida, tewas setelah bom yang disandangnya meledak dalam serangan pada tanggala 25 Mei lalu.

Salha adalah anggota kelompok al-Nusra Front, menjadi warga AS pertama yang menjadi pembom bunuh diri dalam konflik di Suriah tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL