kapal malaysiaKualalumpur, LiputanIslam.com — Hanya berselang sehari kembali terjadi musibah tenggelamnya kapal pengangkut TKI asal Indonesia di lepas pantai Malaysia.

Sebagaimana laporan BBC hari ini, dalam musibah terakhir yang terjadi Kamis pagi (19/6) di lepas pantai Sepang, Kualalumpur, 9 orang dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian. Belum ada keterangan tentang korban yang tewas sejauh ini.

Sebelumnya pada hari Rabu, sebuah perahu pengangkut TKI tenggelam di dekat kota pelabuhan Port Klang. Sebanyak 10 orang ditemukan tewas dalam musibah ini. Diduga kapal tenggelam karena kelebihan muatan dimana kapal yang berdaya angkut maksimal 40 orang ini dijejali oleh lebih dari 90 orang. Seluruh penumpang yang selamat kini diperiksa oleh aparat keamanan Malaysia karena dianggap melanggar UU keimigrasian.

Kedua kapal tersebut membawa TKI yang diduga ilegal asal Indonesia yang hendak kembali ke kampung halamannya untuk menyambut Ramadhan.

Pajabat otoritas kelautan Malaysia Mohammad Zuhri mengatakan bahwa pada kecelakaan kapal kedua hari Kamis ini, sebanyak 18 orang termasuk 4 wanita, berhasil diselamatkan oleh kapal-kapal yang melintas di dekatnya.

Ribuan pekerja ilegal asal Indonesia setiap tahunnya berangkat ke Malaysia untuk bekerja di sektor perkebunan dan industri lainnya. Kecelakaan laut merupakan salah satu tantangan serius bagi mereka karena mereka harus menghindari kapal-kapal patroli Malaysia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL