thaiandBangkok, LiputanIslam.com — Militer Thailand punya cara unik untuk menurunkan ketegangan pasca kudeta yang dilakukan terhadap pemerintahan sipil di Negeri Gajah Putih itu. Kudeta militer Thailand yang banyak dianggap menegangkan rupanya disiasati Jenderal Prayuth Chan-ocha. Jenderal yang mengambil alih Thailand pada dua pekan lalu itu dengan menawarkan pangkas rambut gratis kepada publik Thailand.

Dikutip dari media Inggris Guardian, Kamis (5/6), dalam sebuah kampanye bertajuk “Kebahagiaan” yang dilakukan pasukan militer Thailland, warga Bangkok bisa mendapatkan layanan pangkas rambut gratis. Tak hanya itu, festival musik juga digelar dalam kampanye ini.

Dalam sebuah pernyataan, Prayuth dengan tegas mengatakan, “Rakyat Thailand, dan juga saya, mungkin tak senang dengan kudeta ini. Namun sejak 22 Mei akan ada kebahagiaan.”

Situasi Thailand memang memanas sejak junta militer mengambil alih pemerintahan Thailand pada 22 Mei lalu. Sejumlah siaran radio dan televisi dilarang tayang serta pemberlakuan jam malam berlaku di seluruh Thailand. Ratusan pejabat politik pun, termasuk mantan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra, ditangkap.

Razia Senjata
Di sisi lain pasukan gabungan pemerintah Thailand terus menindak keras atas kepemilikan senjata ilegal setelah kudeta tak berdarah, 22 Mei lalu, demikian kata pejabat setempat, Kamis (5/6).

Polisi dan tentara menggeledah sebuah rumah di desa Kabupaten Sanam Chai Khet, Provinsi Chachoengsao, dan menyita senjata resmi serta ilegal yang terdiri dari 40 pistol, 20 senjata, rompi anti peluru, sejumlah besar amunisi, dan sebuah buku daftar pelanggan yang membeli senjata.

Pemilik rumah dilaporkan mengatakan kepada polisi bahwa dia mengumpulkan “senjata untuk olahraga”.

Dalam insiden lain, personil pemerintah menguasai lima bom yang ditinggalkan di pinggir jalan dari resor Jomtien Beach.  “Bom-bom itu hidup, bisa diledakkan,” tuturnya.

Polisi pada awalnya meyakini bom itu dibuang oleh pemiliknya setelah rezim juta militer mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan drastis terhadap pemilik senjata ilegal.(ca/tempo/ant)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL