Jakarta, LiputanIslam.com–Rektor Universitas Negeri Syam, Dr. Syeikh Syarif Adnan al-Sawwaf, pada hari Jumat (9/3) berkunjung ke kantor MUI di Jakarta. Syeikh al-Sawwaf disambut oleh KH Muhyiddin Junaidi selaku ketua bidang hubungan internasional MUI. Syeikh al-Sawwaf  menyampaikan permintaan agar MUI membantu menghentikan penyebaran hoax mengenai Suriah.

Dalam kunjungannya, Syeikh Syarif al-Sawwaf mengapresiasi keberadaan MUI yang berperan menyatukan umat Islam Indonesia, di saat banyak muslim di negara lain yang terpecah belah dan mudah diadu domba. Dalam penuturannya, Syeikh al-Sawwaf bercerita bahwa di negaranya juga ada lembaga sejenis, bernama Ittihad Ulama Bilad al-Syam. Sayang, pembentukannya agak terlambat, karena sudah menjelang krisis.

Sementara itu, kepada Syeikh al-Sawwaf, KH Muhyiddin sempat menanyakan tentang apa yang bisa dibantu oleh Indonesia untuk Suriah. Menjawab pertanyaan tersebut, Syeikh al-Sawwaf meminta MUI agar berusaha membendung berita hoax tentang Suriah dan meneliti lembaga donasi yang mengaku akan menyalurkan ke Suriah.

“Donasi kepada lembaga yang tidak kredibel dan bereputasi baik hanya akan membahayakan rakyat Suriah,” ujar Syeikh al-Sawwaf.

Sebelum kunjungan berakhir, KH Muhyiddin menyampaikan rencananya untuk mengundang Syeikh al-Sawwaf pada konferensi internasional yang akan dihadiri presiden dan 50 ulama dunia, tentang Islam moderat, pada bulan Mei di Bogor, untuk bercerita tentang kondisi di Suriah yang sebenarnya.

Menjawab tawaran tersebut, Syeikh al-Sawwaf balik mengundang MUI untuk datang ke Suriah, “Anda harus melihat Suriah secara langsung, sebelum menyelenggarakan acara yang akan membahas Suriah,” katanya.

Pertemuan berlangsung selama satu jam, dan diakhiri dengan saling bertukar hadiah. Syeikh al-Sawwaf memberi jubah khas ulama Suriah untuk KH Muhyiddin, dan KH Muhyiddin memberi cinderamata MUI kepada al-Sawwaf.

Sebelum melepas al-Sawwaf, KH Muhyiddin menyatakan, “Kunjungan Anda ke Indonesia menunjukkan keseriusan untuk bekerjasama, dan kunjungan Anda kesini juga menunjukkan bahwa Suriah semakin membaik.”

Syeikh al-Sawwaf datang ke Indonesia dalam rangka menghadiri Silaturahim Alumni Suriah ke-6 yang digelar di Medan (9-11 Maret 2018). Acara ini juga mengundang Ustadz Abdul Somad untuk bertabayun terkait pernyataannya akhir-akhir ini mengenai konflik Suriah. (ra/NAR)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*