kuburan massal thailandBangkok, LiputanIslam.com — Sejumlah kuburan massal yang diduga berisi mayat-mayat imigran asal Myanmar dan Bangladesh ditemukan di selatan Thailand. Demikian sumber-sumber keamanan negara itu menyebutkan.

Kapala Kepolisian Thailand Jendral Somyot Poompanmoung mengatakan, Sabtu (2/5), kuburan-kuburan massal itu ditemukan hari JUmat di sebuah wilayah terpencil di pegunungan di Provinsi Songkla, Thailand Selatan yang berbatasan dengan Malaysia.

Ia menyebut lokasi penemuan tersebut sebagai seperti bekas kamp tawanan, dimana imigran gelap dari Myanmar dan Bangladesh ditahan di kandang-kandang bambu.

“Ada 32 tempat yang tampak seperti pekuburan, dan apakah di dalamnya terdapat banyak mayat atau tidak, kita akan melihatnya segera,” katanya kepada media setempat, sebagaimana dikutip BBC News.

Sementara itu Sathit Thamsuwan, seorang petugas pencari mengatakan bahwa mayat-mayat yang ditemukan telah dipindahkan ke rumah sakit untuk diautopsy.

“Ada 32 kuburan, 4 mayat telah diangkat dan kini dalam perjalanan ke rumah sakit untuk diotopsi,” katanya sembari menambahkan kondisi mayat-mayat itu telah rusak.

Beberapa sumber yang dekat dengan aparat keamanan setempat menyebutkan bahwa kuburan-kuburan itu diduga berisi mayat imigran gelap warga Rohingya dari Myanmar dan Bangladesh. Diyakini para imigran yang sakit sengaja dibiarkan meninggal saat mereka berpindah tempat.

Ribuan imigran dari Myanmar, khususnya warga Muslim Rohingya, harus melakukan perjalanan berbahaya melintasi laut menuju Thailand selatan. Sebagian dari mereka dipaksa kembali ke laut oleh aparat keamanan Thailand, sementara sisanya menjadi korban perdagangan manusia.

PBB telah menetapkan warga Rohingya sebagai kelompok manusia yang paling tertindas, namun tidak berdaya mendesak Myanmar, Thailand dan negara-negaranya untuk memperlakukan mereka dengan baik.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL