buron amerika di kubaHavana, LiputanIslam.com — Kuba menegaskan untuk menolak mengekstradisi buronan paling dicari di AS yang mendapatkan perlindungan di Kuba.

Sebagaimana dilansir BBC News, Gubernur New Jersey Chris Christie telah mendesak Presiden Obama untuk meminta Kuba mengekstradisi Assata Shakur, aktifis kelompok Black Panther Party and Black Liberation Army (BLA), yang telah menembak mati seorang polisi New Jersey dalam tembak-menembak tahun 1973.

Shakur, yang bernama asli Joanne Chesimard, telah menjalani proses pengadilan yang menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup tahun 1977. Namun ia berhasil melarikan diri pada tahun 1979 dan kini tinggal di Kuba.

Meski belum menerima permintaan resmi dari AS, pemerintah Kuba menyatakan tidak akan mengekstradisi buronan paling dicari di AS itu. FBI dan pemerintah negara bagian New Jersey menjanjikan hadiah senilai $2 juta bagi penangkapan Shakur.

“Kami telah menjelaskan kepada pemerintah AS di masa lalu bahwa ada beberapa orang (AS) yang tinggal di Kuba secara hukum telah mendapatkan perlindungan politik,” kata Josefina Vidal, pejabat khusus Kuba yang ditunjuk sebagai duta sementara untuk AS kepada Associated Press, Senin (22/12).

Vidal menyinggung bahwa kedua negara tidak memiliki perjanjian ekstradisi, sementara AS juga telah menjadi pelindung bagi beberapa warga Kuba.

“Beberapa dari mereka dituduh telah melakukan kejahatan-kejahatan mengerikan, sebagian dituduh sebagai teroris, pembunuh, dan penculik, dan pada semua itu pemerintah AS memutuskan menyambut mereka,” tambah Vidal.

Menanggapi pernyataan pejabat Kuba itu, Gubernur New Jersey menyebutnya sebagai “penjahat”.

“Jadi, Joanne Chesimard, pembunuh polisi berdarah dingin yang divonis bersalah oleh sebuah juri yang tidak bisa dipertanyakan sebagai sistem pengadilan yang paling fair di dunia, yang tentu jauh lebih baik daripada di Kuba di bawah Castro bersaudara. Ia (Joanne) kini justru dianggap teraniaya oleh pemerintah Kuba,” kata Chris Christie.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL