pengungsi denmarkKopenhagen, LiputanIslam.com — Pemerintah Denmark menutup jalur kereta api yang menghubungkan Denmark dengan Jerman setelah polisi menghentikan ratusan imigran di perbatasan. Pemerintah Denmark juga menutup jalan raya kedua negara setelah para imigran yang diturunkan dari kereta api mencoba memasuki Denmark dengan berjalan kaki.

Para imigran itu mengatakan tujuan mereka adalah Swedia.

Sementara itu Komisi Eropa kini tengah mengkaji usulan untuk membagi 120.000 imigran yang diterima masuk ke zona Uni Eropa kepada seluruh anggota Uni Eropa berdasarkan kuota yang ditetapkan bersama.

Seperti dilaporkan BBC News, operator kereta api Denmark, DSB, mengatakan seluruh rangkaian kereta api dari dan ke Jerman telah dihentikan selama waktu yang belum ditentukan.

Dua rangkaian kereta api yang membawa lebih dari 200 migran telah ditahana di Rodby, kota pelabuhan utama yang memiliki jalur ferry ke Jerman. Polisi Denmark mengatakan para imigan itu menolak meninggalkan kereta api karena tidak ingin didaftar di Denmark.

Polisis juga menutup sebagian jalar raya nomor E45, jalar raya utama antara Denmark dan Jerman, setelah sekitar 300 imigran meninggalkan sebuah rangkaian kereta api dan berjalan kaki menuju Swedia di dekat kota perbatasan Padborg.

Swedia menjadi tujuan utama para imigran setelah menyatakan akan memberikan ijin tinggal kepada para pengungsi Suriah. Berbeda dengan pemerintah Denmark yang lebih ketat dalam menerima imigran.

Sekitar 3.000 imigran telah memasuki negara itu sejak akhir pekan lalu.

Perdana Menteri Lars Lokke-Rasmussen mengatakan negaranya tengah menghadapi masalah serius dengan kedatangan para imigran itu.

“Ini jelas menunjukkan bahwa yang kita tengah menghadapi saat ini tidak hanya masalah pengungsian, tapi juga masalah migrasi,” katanya.

Pada hari Rabu (9/9) Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengumumkan rencana yang ‘cepat, tegas dan komprehensif’ dengan sistem kuota untuk membagi 120.000 imigran ke seluruh anggota Uni Eropa.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL