UKRAINE-RUSSIA-GAS-DISPUTESimferopol, LiputanIslam.com — Republik Krimea, setelah menyatakan merdeka dari Ukraina pada hari Senin (17/3), kini telah menyita aset-aset Ukraina di wilayah tersebut.

Pada hari Senin, parlemen Krimea (Supreme Council) mengumumkan bahwa seluruh properti milik Ukraina yang berada di Krimea, termasuk perusahaan-perusahaan migas, kini menjadi milik Krimea.

Dalam resolusi yang dikeluarkan parlemen Krimea itu disebutkan aset-aset perusahaan Chernomorneftegaz Oil and Gas Company, Ukratransgaz Company, dan Feodosiya Enterprise, kini menjadi milik Krimea, demikian laporan kantor berita Rusia ITAR-TASS.

“Perusahaan-perusahaan tersebut telah dinasionalisasi demi meyakinkan keamanan ekologi dana energi, menciptakan kondisi untuk mengekstraksi, menyimpan dan dan mengakut hidrokarbon ke seluruh wilayah Krimea, menyuplai penduduk Krimea dengansumber-sumber energi dan menjamin keberlangsungan pekerjaan fasilitas-fasilitas pendukung publik,” demikian pernyataan tersebut.

Selain itu, parlemen Ukraina juga telah mendeklarasikan penggunaan mata uang Ruble Rusia sebagai mata uang resmi kedua, sekaligus membubarkan unit-unit militer Ukraina di Krimea.

Para pejabat Ukraina menyeutkan Rusia telah mengirimkan bantuan keuangan senilai $400 juta menyusul deklarasi kemerdekaan Krimea Senin kemarin.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL