robert GatesWashington, LiputanIslam.com — Wilayah otonomi Krimea dipastikan akan lepas dari Ukraina, dan Rusia tidak akan berhenti untuk menguasai Ukraina hingga terdapat pemerintahan baru yang pro-Rusia. Demikian pernyataan mantan menteri pertahanan Amerika Robert Gates dalam wawancara dengan televisi Fox News, hari Minggu (9/3).

“Saya tidak percaya Krimea akan lepas dari tangan Rusia,” kata Gates dalam wawancara tersebut.

Ketika sang pewawancara mengulangi kembali pertanyaannya, Gates menjawab lebih tegas lagi, “Benar,” katanya. Lebih jauh ia bahkan mengatakan bahwa Rusia akan berusaha menguasai seluruh Ukraina hingga berhasil ditegakkan pemerintahan baru yang pro-Rusia.

“Saya tidak yakin Rusia akan berhenti di Ukraina hingga secara adanya pemerintahan yang secara esensial berpihak kepada Rusia di Kiev,” tambah Gates yang menjabat menteri pertahanan Amerika dari tahun 2006 sampai 2011, yaitu sejak pemerintahan George W Bush hingga Barack Obama.

Menurut Gates Amerika tidak mempunyai pilihan untuk melakukan campur tangan militer di Ukraina. Namun ia juga tidak menganggap Presiden Barack Obama sebagai bersikap lemah di Ukraina, sebagaimana dituduhkan banyak politisi Amerika saat ini.

“Putin menginvasi Georgia saat George W. Bush menjadi presiden. Tidak ada yang menganggapnya lemah atau tidak bersedia untuk menggunakan kekuatan militer,” kata Gates.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*