stop korupsiJakarta, LiputanIslam.com–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan lomba pembuatan media kampanye kreatif. Lomba ini  bertujuan menginspirasi dan mewadahi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi lewat karya-karya kreatif. Ada 3 (tiga) jenis lomba yang diselenggarakan, yaitu lomba video pendek (iklan layanan masyarakat antikorupsi), pembuatan poster antikorupsi dan lomba produk non-konvensional.

Batas akhir pengiriman karya adalah tanggal 27 Oktober 2004. Karya terbaik akan dipamerkan dalam peringatan Hari Antikorupsi Internasional 9 Desember 2014 yang akan berlangsung di kota Yogyakarta dan karya tersebut akan digunakan oleh KPK untuk mengkampanyekan antikorupsi ke masyarakat. Info selengkapnya dapat dilihat pada situs resmi KPK.

KPK bukan sekali ini berusaha menggalang partisipasi masyarakat dalam gerakan antikorupsi. Antara lain, pada 2012, KPK menerbitkan seri buku “Tunas Integritas” sebagai upaya melaksnakan pendidikan antikorupsi untuk anak usia dini.

Buku “Tunas Integritas yang terdiri dari enam buku, masing-masing berjudul Ungu di Mana Kamu?, Ini, Itu? Hujan Warna-warni, Byuur, Ya Ampun!, dan Wuush diterbitkan berkat kerjasama KPK dan Forum Penulis Bacaan Anak (FPBA).

Ada sembilan nilai integritas yang disampaikan dalam buku ini, yaitu jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil. Setiap buku juga memiliki gaya dan ilustrasi yang berbeda-beda agar dapat memberikan stimulasi visual bagi anak-anak.

Selain itu, ada lima genre yang dimiliki oleh buku ini, yaitu fabel, realistis kontemporer, dongeng, cerita fantasi, aktivitas anak, dan ditambah interaktif. Adapun untuk mengasah kebahasaan anak, dalam setiap buku juga diselipkan puisi-puisi.(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL