debu gunung vulkanik chiliSantiago, LiputanIslam.com — Warga kota Ensenada dan penduduk di lereng-lereng gunung Calbuco, Chili, harus berjuang keras untuk menyingkirkan debu dari rumah mereka dan menyelamatkan ternak mereka yang tertimbun debu vulkanik gunung Calbuco.

BBC News melaporkan, Senin (27/4), otoritas Chili telah mengingatkan kemungkinan ledakan susulan setelah dua letusan gunung tersebut menyemburkan berton-ton debu ke udara, menimbun wilayah di sekeliling gunung Calbuco.

Atap-atap sebagian rumah roboh karena tidak kuat menahan beban debu vulkanik yang menumpuk dan penduduk mengkhawatirkan nasib ternak mereka yang tidak bisa merumput lagi.

Tentara telah dikerahkan untuk melakukan pembersihan, sementara pemerintah mengingatkan kemungkinan letusan susulan. Selain itu, jika turun hujan, debu-debu itu bisa berubah menjadi aliran lahar dingin yang berbahaya.

Gunung berapi Calbuco di selatan Chili meledak 2 kali minggu lalu, memaksa ribuan warga untuk dievakuasi. Otoritas Chili memperkirakan 210 juta meter kubik debu dimuntahkan gunung itu.

“Kemanapun Anda melihat, semua yang tampak adalah padang debu. Rata-rata ketebalan debu mencapai 50 cm di seluruh kota dan di atap-atap rumah,” kata warga setempat kepada Associated Press.

Pemerintah telah mengijinkan warga kota untuk menengok kampung halamannya untuk menyelamatkan harta milik mereka.

“Sebelas tahun bekerja hancur dalam sehari,” kata Rony Alvarado, penduduk kota yang atap restorannya hancur karena debu.

Pada hari Sabtu (25/4) pemerintah Chili mengumumkan akan memberikan bantuan kepada para petani yang mengalami kerugian akibat bencana itu dan membantu mengevakuasi ribuan ternak.

Calbuco adalah salah satu dari 90 gunung api aktif di Chili. Negara ini telah dilanda sejumlah bencana alam dalam beberapa bulan terakhir, termasuk banjir dan kebakaran hutan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL