kaesongSeoul, LiputanIslam.com — Korea Utara, Kamis (11/2), memerintahkan semua warga Korea Selatan segera meninggalkan kawasan industri gabungan Kaesong dan menyita semua material yang ditinggalkan di kompleks tersebut.

Pengumuman Komite Penyatuan Damai Korea itu dibuat menyusul keputusan Seoul pada hari Rabu untuk menutup kegiatannya di Kaesong sebagai hukuman atas uji nuklir dan peluncuran roket jarak jauh Korut baru-baru ini.

Dalam pernyataan yang dimuat kantor berita resmi KCNA, komite tersebut mengatakan menutup Kaesong dan menyatakan kawasan tersebut sebagai kawasan militer. Komite itu juga mengumumkan pemutusan semua hubungan kemiliteran dengan Korsel, termasuk jalur utama melewati desa gencatan senjata di perbatasan Panmunjom.

Komite tersebut tidak menjelaskan berapa lama pemutusan hubungan itu akan berlangsung.

“Pasukan musuh Korea Selatan akan merasakan sendiri harga mahal dan menyakitkan yang harus dibayarkan karena menghentikan kompleks industri Keasong,” demikian pernyataan komite seperti dilansir Antara.

Seluruh warga Korsel diperintahkan meninggalkan Kaesong hingga batas waktu pukul 17.00 waktu Pyongyang dan hanya dibolehkan membawa barang milik pribadi.

“Kami menyita semua aset perusahaan Korsel dan lembaga terkait, termasuk mesin, bahan mentah dan barang,” demikian pernyataan tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL