rudal korutPyongyang, LiputanIslam.com — Korea Utara (Korut) mengumumkan akan melaksanakan parade militer besar-besaran yang melibatkan seluruh kekuatan militer negara itu. Parade militer itu untuk memperingati ulang tahun kemerdekaan dan sekaligus ulang tahun Partai Pekerja (komunis) ke-70.

Sebagaimana diumumkan Partai Pekerja dan dilansir Press TV, Jumat (13/2), parade yang akan digelar pada tanggal 10 Oktober itu akan melibatkan kekuatan laut dan udara. Penyelenggaraan tersebut, menurut pengumuman partai tersebut, atas dasar keputusan tertinggi Partai Pekerja.

Resolusi partai menekankan bahwa parade tersebut “harus bisa menunjukkan seluruh kekuatan militer dan rakyat di belakang ‘pemimpin terhormat’ kepada seluruh rakyat dan dunia.

Parade tersebut buasanya digelar di Lapangan Kim Il-sung di Pyongyang. Senjata-senjata baru selalu dipamerkan dalam parade ini. Parade terakhir bulan Juli 2013, ditampilkan rudal balistik jarak jauh.

Baru-baru ini Korut menguji coba rudal anti-kapal pada saat Korsel dan AS menggelar latihan militer bersama. Pada hari Rabu (11/2) Korsel dan AS juga menggelar latihan militer di dekat wilayah Korut di Laut Kuning. Korut menuduh latihan itu ditujukan untuk menginvasi Korut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL