Pyongyang, LiputanIslam.com—Pemerintah Korea Utara mengumumkan bahwa mereka berhasil meluncurkan uji coba bom hidrogen.

Televisi negara Korut mengumumkan kesuksesan ujicoba ini pada Minggu (3/9/17). Bom hidrogen juga disebutkan mampu dimasukkan ke rudal jarak jauh.

Menurut informasi dari Korean Central Television, bom tersebut “berkekuatan besar yang belum pernah ada sebelumnya,” dan “menandai kesempatan besar untuk menyempurnakan kekuatan nuklir negara.”

Laporan tersebut juga disertai dengan foto perintah Kim Jong-un agar ujicoba itu diselesaikan pada tanggal 3 September siang.

Pemerintah Korut melakukan ujicoba ini setelah organisasi meteorologi Jepang, Korea Selatan, dan AS mengaku mendeteksi dua gempa di Korut.

United States Geological Survey (USGS) mendeteksi gempa pertama sebesar 6,3 skala Richter sedalam 10 kilometer, di timur laut kawasan Sungjibaegam, Korut.

Kepala Staff Gabungan Korea Selatan juga mengumumkan gempa di dekat kawasan ujicoba nuklir di Punggye-ri.

Sementara itu, Cina mendeteksi gempa kedua sebesar 4.6 skala Richter, delapan menit setelah gempa pertama.

Pemerintah Jepang mengatakan getaran tersebut disebabkan adanya ujicoba nuklir oleh militer Korut. “Setelah menguji data, kami pastikan itu adalah ujicoba nuklir,” kata Menlu  Jepang Taro Kono dalam pertemuan Dewan Keamanan Nasional Jepang. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL