Pyongyang, LiputanIslam.com– Korea Utara menyerukan semua “warga Korea di rumah atau di luar negeri” agar membuat terobosan untuk unifikasi tanpa bantuan dari pihak asing.

Pengumuman langka ini disampaikan pemerintah Korut lewat Agensi Berita Pusat Korea (KCNA) pada Kamis  (25/1/18) pagi. Mereka meminta semua warga Korea untuk “mempromosikan kontak, perjalanan dan kerjasama antara Utara dan Selatan.”

Ditambahkan juga bahwa Korut akan “menghancurkan” semua penghambat jalan menuju reunifkasi di Semenanjung Korea. Mereka menyebut ketegangan militer di kawasan merupakan “rintangan fundamental” untuk hubungan yang lebih baik antar kedua negara.

Latihan militer bersama antara Korsel dengan “serdadu asing” juga disebut sebagai rintangan utama.

Kedua negara Asia ini telah lama mengalami hubungan yang buruk. Ketegangan memuncak setelah Korut meluncurkan uji coba misil dan nuklir.

Dalam perjanjian yang diterima oleh Komite Olimpiade Internasional, kedua negara ini akan membuat tim olimpiade terpadu di olahraga hockey wanita. Para atlet mereka pun akan berparade bersama di bawah satu bendera dalam upacara pembukaan di Pyeongchang, Korsel, pada 9 Februari nanti. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*