rudal korut2Pyongyang, LiputanIslam.com — Korea Utara (Korut) mengklaim berhasil membuat hulu ledak nuklir mini yang bisa dimasukkan ke dalam rudal-rudalnya. Laporan ini muncul tidak lama setelah Korut mengklaim berhasil mengujicoba peluncuran rudal dari kapal selam.

“Ini telah lama sejak kami mulai meminimiatur dan mendiversifikasi kemampuan serangan nuklir kami,” demikian pernyataan Dewan Keamanan Nasional Korut, seperti dilaporkan kantor berita Korean Central News Agency (KCNA), dan dilansir Russia Today, Rabu (20/5).

“Kami juga telah mencapai tahap dimana tingkat keakurasian yang tinggi berhasil dicapai tidak saja oleh rudal-rudal jarak pendek dan menengah, namun juga rudal-rudal jarak kauh kami.”

Russia Today menyebutkan bahwa dinas inteligen Korea Selatan (Korsel) telah mengetahui bahwa Korut telah memulai program rudal balistik strategis pada tahun 2010.

Pada tanggal 9 Mei lalu, Korut mengumumkan keberhasilan ujicoba peluncuran rudal balistik dari kapal selam. Pemimpin Korut Kim Jong Un menyebut keberhasilan itu sebagai ‘senjata strategis tingkat dunia’.

Klaim-klaim Korut ini ditanggapi beragam oleh para pengamat militer maupun pejabat keamanan AS. Sebagian menganggap klaim itu sebagai ‘omong kosong’, namun sebagian lainnya menganggapnya sebagai sesuatu yang serius.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL