rudal uranPyongyang, LiputanIslam.com — Korea Utara memamerkan senjata barunya dalam film dokumenter yang baru dikeluarkan. Senjata tersebut adalah rudal jelajah baru. Demikian para ahli menyimpulkan.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Inggris BBC, Selasa (17/6), rudal baru tersebut adalah pengembangan dari rudal buatan Rusia KH-35 Uran yang baru dioperasikan tahun 2003.

Rudal jelajah adalah rudal jarak pendek-menengah yang dikendalikan dengan komputer, digunakan untuk menyerang sasaran tertentu. Ini adalah senjata jenis baru Korea Utara yang selama ini lebih mengandalkan rudal-rudal jarak jauh dan lebih besar.

Korea Utara berada dalam pengawasan PBB atas program nuklirnya yang dinyatakan ilegal. Banyak pakar yang meyakini bahwa Korea Utara tengah berusaha membuat senjata nuklir. Namun sejauh ini para analis juga percaya bahwa Korut masih belum berhasil membuat kepala nuklir yang cukup kecil untuk dimuat di dalam rudal-rudal jarak jauhnya.

Para akhli percaya rudal jelajah yang dikembangkan Korut menjadi ancaman serius bagi kapal-kapal perang AS dan sekutu-sekutu regionalnya.

Sejauh ini Korut berhasil memasarkan rudal-rudal balistik jarak jauhnya di pasar internasional. Diyakini juga senjata baru ini bakal diterima di pasar internasional dan menjadi ancaman serius kepentingan AS dan sekutu-sekutunya di dunia internasional.

Rudal KH-35 Uran sendiri, sebagai model asli rudal buatan Korut, mampu membawa 150 kg hululedak dan memiliki daya jangkau 130 km. Namun karena Korut tengah menjalani sanksi oleh PBB, penjualan senjata langsung ke Korut tidak dimungkinkan. Kemungkinan Korut mendapatkan rudal KH-35 dari pasar gelap atau melalui penyelundupan.

Pakar politik Korea Utara Jeffrey Lewis menyebutkan dalam situs 38 North bahwa rudal-rudal jelajah Korut tersebut akan menjadi tambahan kekuatan rudal Korut yang sangat potensial.

Selama ini para ahli tidak mengetahui bila Korut sudah memiliki senjata rudal jelajah.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL