rudal koreaSeoul, LiputanIslam.com — Korea Utara (Korut) pada akhir pekan lalu melakukan uji tembak peluru kendali balistik yang diluncurkan dari kapal selam di Laut Jepang. Namun ujicoba ini gagal total, demikian laporan kantor berita Korea Selatan, Yonhap, baru-baru ini.

Mengutip seorang pejabat pemerintah, Yonhap melaporkan bahwa peluru kendali KN-11 telah ditembakkan antara pukul 14.20 waktu setempat (12.20 WIB) dan 14.40.

“Utara tampaknya gagal pada peluncuran ini. Peluru kendali itu tidak terlihat terbang di udara, hanya puing-puing penutupnya yang terlihat,” tulis laporan yang dilansir Antara itu, mengutip pejabat dimaksud.

Ini tes pertama Korea Utara sejak Mei. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un lalu mengawasi tes peluncuran yang diduga berhasil itu yang diklaim Korea Utara sebagai peluru kendali balistik strategis kapal selam.

Dilanporkan bahwa peluru kendali ini hanya naik 100 atau 150 meter dari permukaan air laut, namun kementerian pertahanan Korea Selatan menggambarkan peluncuran ini sebagai sangat serius dan mengerikan.

Menurut Resolusi Dewan Keamanan PBB, Korea Utara yang menguasai senjata nuklir dilarang melakukan uji apa pun yang menggunakan teknologi peluru kendali balistik, demikian AFP.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL