Beijing, LiputanIslam.com — Korea Utara (Korut) diduga memiliki hingga 20 hulu ledak nuklir dan memiliki kemampuan untuk melipatgandakan jumlahnya tahun depan. Demikian laporan Wall Street Journal mengutip keterangan sejumlah ahli, seperti dilansir Russia Today, Jumat (24/4).

Baru-baru ini di bulan April Admiral William Gortney, komandan US Northern Command and North American Aerospace Defense Command, mengatakan bahwa AS percaya Korut memiliki kemampuan meluncurkan rudal-rudal ballistik nuklir jarak jauh (ICBM) ke kawasan pantai Barat AS.

“Penilaian kami adalah bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menempatkan senjata nuklir pada rudal ballistik KN-08 dan menembakkannya ke negara kita (AS). Kami mengetahui hal ini bisa dilakukan Korut saat ini, maka kami berlatih untuk melawannya,” kata Gortney.

Pada awal 2015 lalu US-Korea Institute di John Hopkins University memaparkan tiga skenario ekspansi persenjataan nuklir Korut. Dalam 5 tahun mendatang Korut diperkirakan akan memiliki 20 hingga 100 senjata nuklir.

Laporan itu juga menekankan tentang ancaman yang dihadapi negara-negara tetangga Korut dari senjata nuklir negara itu. Namun risiko yang dihadapi AS masih dalam perdebatan.

“Sistem peluncuran rudal Korut saat ini terdiri dari sekitar 1.000 rudal balistik dan sejumlah kecil pesawat pembom ringan yang bisa menjangkau sebagian besar sasaran di Korsel dan Jepang,” demikian laporan yang berjudul ‘The Future of North Korean Nuclear Delivery Systems’ yang dipublis oleh situs 38nort.org.

Namun, untuk mengjangkau AS, teknologi rudal Korut masih harus mendapatkan dukungan negara lain yang lebih maju. Tambah laporan itu.

Korut telah menggelar 3 ujicoba nuklir sejak tahun 2006. Yang terakhir adalah bulan Februari 2013. Diperkirakan Korut akan lebih sering menggelar ujicoba nuklirnya, menyusul keputusan PBB untuk mengutuk kondisi HAM negara itu baru-baru ini.

Hari Rabu (22/4) AS dan Korsel menandatangani kesepakatan kerjasam energi nuklir yang memberikan kesempatan kepada Korsel untuk melakukan penelitian nuklir, namun melarang Korsel memproduksi sendiri bahan bakar nuklir.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL