peluncuran rudal kapal selam korutPyongyang, LiputanIslam.com — Korea Utara (Korut) berhasil melajukan ujicoba penembakan rudal jelajah dari kapal selam. Hal ini dianggap sebagai kemajuan signifikan kemampuan militer negara itu.

Media pemerintah Korut, Sabtu (9/5), merilis gambar-gambar yang menunjukkan pemimpin Korut Kim Jong-un yang tengah menyaksikan rudal tersebut muncul dari permukaan air laut. Demikian seperti dilansir BBC News.

Para analis menyebutkan Korut telah memiliki sejumlah hululedak nuklir, namun peluncuran rudal dari kapal selam merupakan kemajuan yang signifikan karena hal itu sulit dideteksi oleh lawan.

Namun media Korut tidak menjelaskan lebih rinci dimana dan kapan peluncuran itu berlangsung.

Terkait dengan hal itu dalam pernyataannya Kim Jong-Un mengatakan bahwa negaranya kini telah memiliki ‘senjata strategis kelas dunia’ yang mampu menghancurkan musuh-musuh yang mengancam kedaulatan Korut di manapun berada.

Ujicoba tersebut, sebut BBC, melanggar sanksi PBB atas pengembangan senjata strategis Korut.

Pengamat militer berbeda pendapat tentang gambar peluncuran rudal tersebut. Sebagian pengamat menyebut foto tersebut adalah rekayasa. Namun analis dari US-Korea Institute, Johns Hopkins University, membenarkan adanya kapal selam Korut yang berpeluncur rudal balistik dan rudal jelajah, yang terlihat pertama kali pada bulan Juli 2014.

Gambar-gambar satelit juga menunjukkan peningkatan aktifitas dan peralatan di galangan kapal Sinpo South Shipyard yang menunjukkan adanya program persenjataan laut yang diduga terkait dengan kapal selam berpeluncur rudal balistik dan jelajah.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL