Seoul, LiputanIslam.com–Pemerintah Korea Selatan mengatakan, Korea Utara tengah merencanakan peluncuran satelit baru yang diakui Pyongyang sebagai program luar angkasa yang tak berbahaya.

“Melalui berbagai sumber, kami baru mengetahui bahwa Korut telah menyelesaikan pembuatan satelit baru yang dinamakan Kwangmyongsong-5,” sebut koran berita Korsel, Joongang Ilbo, mengutip sebuah sumber tanpa nama.

“Rencana mereka adalah meluncurkan satelit yang dilengkapi dengan kamera dan alat-alat telekomunikasi ke orbit,” sebut sumber itu.

Sejak 2006, Korut telah menerima sanksi dari PBB yang berisi larangan meluncurkan teknologi rudal apapun, termasuk satelit.

Pada 4 Februari 2016, Korut tetap meluncurkan satelit obsevasi bumi bernama Kwangmyongsong-4. Beberapa negara mengecam tindakan itu yang disebut sebagai salah satu cara uji coba rudal antar benua.

Pemerintah Korut sendiri membela diri dengan mengatakan bahwa negara mereka memiliki hak untuk mengembangkan teknologi luar angkasa.

Lebih jauh lagi, media Korut Rodong Sinmun merilis tulisan berjudul “Program Luar Angkasa yang Damai adalah Hak Negara-Negara Berdaulat”. Isinya, bahwa peluncuran satelit Pyongyang “benar-benar sesuai” dengan hukum internasional mengenai pengembangkan teknologi luar angkasa. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*