2 warga asPyongyang, LiputanIslam.com — Korea Utara (Korut) telah membebaskan 2 warga AS yang ditahan, Matthew Todd Miller dan Kenneth Bae, dan kini keduanya telah dalam perjalanan kembali ke negaranya.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Sabtu (8/11) petang, Direktur Inteligen National (penasihat inteligen kepresidenan) James Clapper telah terbang ke Korut untuk menjemput keduanya kembali ke AS.

Sebelumnya bulan lalu warga AS ketiga yang ditahan Korut, Jeffrey Fowle, juga telah dibebaskan.

Presiden AS President Barack Obama menyatakan gembira atas kembalinya kedua warganya itu. Ia menyebut hari pembebasan itu sebagai “hari yang indah bagi keluarga keduanya”.

“Kami sangat gembira dengan kembalinya mereka dengan selamat,” kata Obama sebagaimana dikutip BBC.

Sebelumnya para pejabat AS sering menuduh Korut sengaja menjadikan warga AS yang ditahan sebagai alat tawar-menawar politik, terutama terkait dengan sanksi yang diterapkan AS atas program nuklir Korut.

Pembebasan kedua warga AS itu juga mendapat sambutan hangat Sekjend PBB Ban Ki-moon.

Menurut laporan BBC, Clapper terbang ke Korut untuk mengadakan pembicaraan langsung dengan para pejabat tertinggi Korut. Langkah ini pun mendapat pujian Obama.

“Saya menghargai tindakan hebat Direktur (Clapper) atas apa yang tampak jelas sebagai misi yang menantang ini,” kata Obama.

Para analis menyebutkan pembebasan ini membuka harapan baru bagi hubungan yang lebih baik antara kedua negara setelah terjadinya “jalan buntu”. Apalagi dengan adanya momen pertemuan APEC mendatang di Beijing Cina, dimana Presiden AS akan bertemu dengan sekutu kuat Korut, Presiden Cina Xi Jinping.

Otoritas AS membantah adanya kesepakatan rahasia di balik pembebasan kedua warga AS itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL