Para atlet Iran di Olimpiade PyeongChang

PyeongChang, LiputanIslam.com—Pemerintah Korea Selatan menyatakan bahwa mereka tidak akan memberikan ponsel Samsung kepada atlet Iran dan Korea Utara, di mana ponsel itu diberikan kepada atlet lain di Olimpiade Musim Dingin PyeongChang secara gratis sejak hari Jumat lalu.

Perusahaan Samsung Electronics sudah merencanakan pemberian 4.000 unit Galaxy Note 8 Edisi Olimpiade kepada semua atlet dan pejabat Komite Olimpiade Internasional, kecuali 22 atlet dari Korea Utara dan 4 atlet Iran.

Menurut laporan dari kantor berita Yonhap, yang mengutip perkataan penyelenggara Olimpiade PyeongChang, keputusan itu diambil karena adanya sanksi atas kedua negara ini.

Dia juga mengatakan bahwa ponsel tersebut dapat digunakan para atlet untuk “tujuan militer” dan menyeleweng sanksi PBB yang melarang suplai produk-produk mewah kepada kedua negara ini.

Keputusan ini membuat geram Iran yang merupakan pasar utama produk Samsung di Timur Tengah. Bukan hanya ponsel, tapi juga alat-alat rumah tangga seperti mesin cuci, televise, pendingin ruangan, dan alat-alat telekomunikasi.

Tempat jual-beli app Android terbesar di Iran, Café Bazaar, juga telah merilis laporan bahwa 51% pengguna jasa mereka memakai handset yang diproduksi oleh Samsung, yaitu sekitar 17,8 juta orang. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*