obama parkSeoul, LiputanIslam.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, hari Kamis (7/1), berjanji untuk memberikan hukuman yang “sangat keras dan menyeluruh” bagi Korea Utara setelah negara itu menguji nuklir yang keempat dan menjadi kecaman antarbangsa.

Obama dan Park menggelar percakapan telepon selama 20 menit pada Kamis pagi, kata kantor kepresidenan Park dalam pernyataan.

“Presiden Obama menekankan keperluan akan hukuman paling keras dan menyeluruh, dan mengatakan akan berkoordinasi erat dengan Korea Selatan untuk mencapai tujuan itu,” demikian pernyataan tersebut seperti dilansir Antara.

“Kedua pemimpin itu juga sepakat bahwa Korea Utara harus membayar harga semestinya untuk uji nuklir baru-baru ini dan bertekad bekerjasama erat untuk mencapai resolusi kuat, yang diputuskan di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB),” tambahnya.

Korea Utara, hari Rabu (6/1), mengatakan melakukan uji bom nuklir pertama, yang memicu khawatiran dan kemarahan sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat dan Jepang, dan bahkan sekutu utamanya, Tiongkok.

Park mengecam pengujian nuklir itu, yang diperintahkan langsung oleh pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, sebagai “provokasi serius” terhadap keamanan nasional dan mendesak respon “kuat” masyarakat internasional.

Bom hidrogen atau termo-nuklir menggunakan fusi dalam reaksi berantai yang menghasilkan ledakan jauh lebih kuat daripada ledakan fisi yang dihasilkan oleh uranium atau plutonium saja.

Pakar mengatakan hasil dari tes Rabu itu masih terlalu jauh untuk menjadi sebuah bom hidrogen yang asli, tetapi tetap menjadi pelanggaran yang menentang resolusi PBB.

Dewan Keamanan PBB setuju untuk menggelar langkah-langkah baru pada Rabu untuk menghukum Korea Utara dan berjanji untuk mulai mengerjakan sebuah rancangan resolusi baru PBB yang berisikan “langkah signifikan lebih lanjut”.

Tapi, Korea Utara sudah mendapatkan sanksi berlapis terhadap peluncuran rudal dan tiga tes nuklir lalu, dan analis telah mempermasalahkan bagaimana sesungguhnya dampak hukuman tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL