Sumber: kompas.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan gaji PNS tidak akan naik pada tahun depan sebagaimana yang tercatat di dalam nota keuangan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Meski begitu, Korps Pegawai Negeri Indonesia (Korpri) berharap gaji PNS akan naik pada 2020, setidaknya tiga persen agar tidak tergerus inflasi.

“Kalau PNS kan maunya ya tentu (naik gaji), dan setiap tahun tentu ada inflasi, sehingga mungkin pemerintah bisa menutup gaji pokok PNS agar lebih baik lagi,” kata Sekretaris Jenderal Korpri Bima Haria Wibisana, Senin (19/8).

Baca: PNS Tak akan Naik Gaji Tahun Depan

Dia mengaku menyadari bahwa kenaikan gaji PNS bisa memberikan beban fiskal pada negara. Oleh karena itu, dia tidak akan berharap muluk-muluk. Menurutnya, kenaikan gaji PNS bisa disesuaikan dengan tingkat inflasi.

“Ya sesuai inflasi aja. Tapi kan kita juga sebagai abdi negara juga harus memahami beban fiskal yang ditanggung negara pajaknya seperti apa perubahan-perubahan seperti apa kita lebih mendahulukan masyarakat lah dari pada PNS sendiri,” ujarnya.

Dia menyampaikan, kenaikan gaji pokok sebesar 5 persen di awal tahun sebenarnya mencukupi kesejahteraan PNS asalkan pemerintah juga segera menerbitkan dua Peraturan Pemerintah (PP) terkait kompensasi abdi negara.

Pemerintah terakhir kali menaikkan gaji PNS sebesar 5 persen pada April 2019. Hal ini tertulis di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019. (sh/merdeka/kompas/cnnindonesia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*