rudal korutPyongyang, LiputanIslam.com Korea Utara melakukan uji tembak dua rudal jarak pendek pada hari Senin (3/3), dan meluncurkannya ke lepas pantai timur negara tersebut di tengah-tengah berlangsungnya latihan militer bersama yang diadakan negara tetangganya Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Hal ini dinyatakan oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan yang mengatakan bahwa Korut meluncurkan rudal dengan kapabilitas mencapai 500 kilometer, ke arah laut Jepang, pada hari Senin.

Test peluncuran rudal ini adalah kali kedua dalam serangkaian peluncuran yang dilakukan Korea Utara dalam satu minggu terakhir. Korea Selatan mengecam kegiatan  ini dan menyebutnya sebagai “provokasi yang gegabah”

“Korea Utara bermuka dua dengan seolah mengupayakan jalan damai di satu sisi dan melakukan provokasi yang gegabah di sisi lain,” ucap juru bicara Kementrian Pertahanan Korea Selatan, Kim Min-Seok.

Washington yang semula meremehkan uji rudal tersebut  kemudian mengeluarkan pernyataan bahwa Korea Utara telah melanggar sanksi PBB terhadap program missilnya.

Selain itu sebelumnya Korea Utara juga telah melakukan uji tembak empat rudal jangka pendeknya. Uji coba tersebut dilakukan hanya berjarak beberapa hari setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan melaksanakan latihan militer tahunan bersama.

Pyongyang sendiri mengecam latihan bersama itu dan menganggapnya sebagai ”latihan untuk menginvansi” yang provokatif.

Latihan bersama yang diberi kode “Key Resolve” dan “Foal Eagle” ini melibatkan tidak kurang dari 13.000 pasukan Amerika dan sekitar 20.000 pasukan Korea Selatan.

Tak seperti latihan tahun lalu yang mengakibatkan meningkatnya ketegangan lintas batas, latihan yang dimulai 24 Februari ini sebenarnya dilakukan di tengah hubungan Seoul dan Pyongyang yang mulai mencair.(lb/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL