Mosul,LiputanIslam.com—Sebuah feri bermuatan sekitar 100 orang tenggelam di Sungai Tigris, Irak pada Kamis (21/3). Daily Mail melaporkan korban jiwa mencapai 94 orang. Mayoritas penumpang kapal adalah anak-anak dan perempuan yang sedang merayakan festival Nowruz, tahun baru Persia Kuno, dan Hari Ibu.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh Daily Mail, terlihat detik-detik miringnya kapal dan kemudian tenggelam setelah mayoritas penumpang mencoba untuk berada di sisi yang lainnya.

Arus sungai yang deras menyebabkan sulitnya proses evakuasi oleh petugas keamanan setempat. Mayoritas korban meninggal akibat tenggelam dan terbawa arus. Untuk sementara, penyebab tenggelamnya kapal diduga akibat kesalahan teknis.

Presiden Irak, Barham Saleh, bergegas pergi ke Mosul menemui petugas keamanan setempat yang sedang berusaha menemukan jenazah para penumpang lainnya.

Sampai saat ini, petugas telah mengamankan sembilan orang operator kapal.

Kol. Hussam Khalil, Kepala Pertahanan Sipil, di Provinsi Nineveh mengatakan bahwa jatuhnya banyak korban disebabkan oleh sedikitnya perahu di sekitar lokasi kejadian yang bisa digunakan untuk menyelamatkan korban.

Pada saat kejadian, volume dan derasnya arus di sungai Tigris sedang berada pada kondisi puncak akibat curah hujan yang cukup tinggi. (fd/DM)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*