korban gunung ontakeTokyo, LiputanIslam.com — Tim SAR Jepang kembali menemukan 12 mayat korban letusan gunung Ontake hari Sabtu (27/9), menjadikan jumlah korban letusan gunung itu menjadi 48 orang.

Pada hari Rabu (1/10) pencarian tetap dilakukan di tengah-tengah kekhawatiran munculnya gas beracun dan letusan susulan. Jumlah korban yang hilang masih belum diketahui, namun diperkirakan ratusan orang berada di sekitar puncak gunung saat terjadinya letusan maut tersebut.

Sejak ledakan tersebut sejumlah besar gempa tremor telah terus terdeteksi, sementara asap masih mengepul dari puncak kawah. Demikian laporan BBC News.

Hampir seluruh mayat yang ditemukan di sekitar kawah adalah para pendaki gunung. Demikian keterangan petugas kepolisian setempat. Helikopter-helikopter digunakan untuk membawa jenasah.

Sekitar 1.000 orang tentara, polisi, pemadam kebakaran terlibat dalam operasi pencarian.

Ratusan anggota keluarga korban yang menunggu kabar nasib keluarga mereka menunggu di gedung pertemuan kota kecil terdekat, Kiso. Sementara para ahli mengingatkan bahwa aktifitas letusan masih terus berlangsung.

Gunung Ontake yang terletak sekitar 200 km sebelah barat Tokyo merupakan salah satu dari 110 gunung berapi aktif di Jepang sebagai negara paling padat keberadaan gunung berapinya di dunia.

Bencana letusan hari Sabtu lalu merupakan bencana letusan gunung yang paling buruk di Jepang selama 90 tahun terakhir.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL