gempa nepal2Kathmandu, LiputanIslam.com — Jumlah korban tewas dalam musibah gempa bumi di Nepal terus bertambah dan angkanya telah menembus angka 4.000-an orang. Diperkirakan angka itu masih akan terus bertambah karena masih banyaknya wilayah yang belum terpantau.

Seperti dilansir Press TV, dengan mengutip pernyataan Mendagri Nepal, Senin (27/4), jumlah korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter yang terjadi hari Sabtu (25/4) telah mencapai 4.138. Sementara itu sekitar 40.000 orang mengalami luka-luka dan harus menjalani perawatan.

Korban tewas akibat gempa juga terjadi di negara-negara tetangga Nepal, seperti India (67 orang), Cina (20 orang). Gempa juga menelan nyawa sekitar 20 orang pendaki Gunung Everest yang sebagian besar adalah warga asing. Dua di antara mereka adalah warga Perancis, seperti diklaim pemerintah Perancis.

Sementara itu bantuan terus berdatangan. Hari Senin (27/4), World Food Programme (WFP) mengumumkan bantuan pertamanya berupa makanan akan tiba di Nepal pada hari Selasa (28/4).

“Ini akan menjadi operasi yang sangat besar,” kata Jubir WFP, Elisabeth Byrs, menambahkan bahwa sebagian besar bantuan akan diangkut dengan pesawat atau helikopter, karena infrastruktur yang hancur di Nepal.

Sebelumnya pada hari Minggu, atau sehari setelah terjadinya bencana, para ahli dari WFP tiba di Kathmandu untuk mengevaluasi situasi bagi operasi pemberian bantuan.

Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia telah lebih dahulu mendistribusikan alat-alat kesehatan kepada para korban yang terluka. Demikian juga dengan UNICEF yang mengumumkan telah memobilisir staffnya dan mengirimkan 2 pesawat karbo pengangkut 120 bantuan bagi anak-anak korban bencana.

Sejumlah negara juga telah dan akan segera memberikan bantuannya, baik berbentuk tim pencari dan penolong, maupun bantuan makanan dan alat-alat kesehatan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL