tentara indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Konvoi militer India diserang oleh kelompok militan di negara bagian Nagaland menewaskan 8 orang tentara dan melukai 5 orang lainnya. Demikian otoritas keamanan India menyebutkan.

Insiden berdarah itu terjadi hari Senin (4/5) di wilayah terpencil dekat perbatasan Myanmar. Seorang anggota kelompok penyerang juga tewas dalam insiden itu, demikian keterangan kepala kepolisian Nagaland, LL Doungel, seperti dilansir Press TV, Senin.

“Ini adalah serangan terbesar terhadap aparat keamanan sejak kelompok militan membatalkan gencatan senjata dengan pemerintah bulan Maret lalu,” kata Doungel di ibukota negara bagian Nagaland, Kohima.

Polisi menyebutkan kelompok militan yang menamakan diri Dewan Nasional Sosialis Nagaland mengaku bertanggungjawab atas serangan itu. Kelompok ini berupaya membentuk negara berdaulat bagi warga keturunan suku Naga yang tinggal di negara-negara bagian Nagaland, Manipur, Assam dan Arunachal Pradesh.

Pemberontakan yang dilakukan kelompok-kelompok separatis Naga telah menewaskan 25.000 sejak India merdeka tahun 1947. Selain itu INdia juga harus menghadapi kelompok separatis Maois di bagian timur negara itu. Kelompok terakhir ini telah beroperasi di 20 negara bagian di India dan telah menewaskan ribuan orang selama 30 tahun lebih pemberontakannya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL