tripoli_lebanon_clashesBeirut, LiputanIslam.com – Satu orang tewas dan belasan lainnya menderita luka-luka akibat baku tembak antarkelompok bersenjata di kawasan gedung olah raga di wilayah barat kota Beirut, Lebanon, Minggu (23/03). Kontak senjata bermula sejak sekitar pukul 03.00 waktu setempat dan berlangsung sengit hingga beberapa jam kemudian.

Bentrokan ini juga menyebabkan kebakaran di beberapa tempat. Suara letusan mortir dan senjata otomatis terdengar hingga ke seluruh penjuru kota Beirut. Sumber-sumber keamanan menyebutkan bahwa kontak senjata itu melibatkan Partai al-Tayyar al-Arabi di satu pihak dan kelompok al-Mustaqbal dan Salafi di pihak lain. Tentara Lebanon lantas  dikerahkan ke lokasi  peristiwa dan  beberapa titik rawan lainnya untuk memulihkan situasi hingga keadaan akhirnya berhasil dikendalikan. Laporan terbaru menyebutkan suasana di lokasi peristiwa sudah normal.

Ketua Partai al-Tayyar al-Arabi Shakir al-Barjawi kepada TV al-Manar  mengatakan bahwa kelompok bersenjata al-Mustaqbal dan beberapa kelompok agama telah menyerang markas partainya dengan mortir dan senjata otomatis hingga kemudian terjadi kontak senjata yang menyebabkan empat orang anggota partai ini menderita luka-luka.

Di bagian lain, otoritas keamanan Lebanon mengumumkan pihaknya telah meringkus 43 anggota Front al-Nusra dan Free Syrian Army (FSA) di kawasan Jarrod, Arsal. Sebagian besar mereka ditangkap ketika berusaha menerobos masuk dari wilayah Suriah ke kota-kota Lebanon. Belakangan ini tentara dan aparat kepolisian Lebanon disebar ke berbagai wilayah perbukitan di kawasan perbatasan negara ini dengan Lebanon untuk meringkus ratusan teroris dan milisi pemberontak yang kabur akibat gempuran pasukan Suriah dan Hizbollah di kawasan al-Qalamun, Suriah. (mm/almanar/alalam/isna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL