kongres anti takfiriQom, LiputanIslam.com–Kongres Internasional  “Bahaya Gerakan Takfiri di Dunia” menyerukan penolakan terhadap kelompok-kelompok ekstrim yang melakukan aksi-aksi pembunuhan atas nama agama. Konferensi yang dihadiri oleh ratusan ulama Syiah dan Sunni ini digelar di kota Qom, selatan Tehran, ibukota Republik Islam Iran, Kamis (28/1/2016).

Sebagaimana dilaporkan IRIB Indonesia, di akhir kongres dirilis sebuah pernyataan yang menyinggung kondisi krisis di berbagai negara Islam dan tuntutan kepada para ulama untuk memerangi terorisme, ekstrimisme dan takfirisme. Peserta kongres menilai, kelompok-kelompok ekstrim itu telah memecah belah umat Islam dan menyebabkan pembunuhan, kekerasan, dan konflik agama. Akibat fatalnya adalah umat Islam teralihkan perhatiannya dari isu-isu utama dunia Islam serta menguatnya front musuh Islam. Oleh sebab itu, kongres menyerukan agar para ulama Islam menolak kelompok-kelompok tersebut dan memperkenalkan Islam yang murni serta memainkan peran mereka dalam menyelamatkan umat. Kongres juga menekankan bahwa Islam adalah agama rahmat dan kasih sayang serta bebas dari tindakan kekerasan.

Di bagian lain pernyataannya, Kongres Internasional “Bahaya Gerakan Takfiri di Dunia” juga mengajak semua ulama Islam untuk berlepas diri dari para ekstremis dan mengecam mereka dengan tanpa mempertimbangakan politik dan agama, serta mencegah umat Islam supaya tidak terjebak ke dalam konflik agama melalui fatwa dan pernyataan resmi mereka.

Dalam pernyataan itu ditegaskan pula bahwa musuh-musuh Islam memanfaatkan para ektremis di dunia Islam untuk memajukan tujuan-tujuan penjajahannya dan untuk mendominsasi kekayaan dunia Islam.

“Musuh-musuh Islam juga mengelontorkan proyek Islamofobia untuk mencegah perkembangan Islam di dunia. Oleh karena itu, para ulama yang hadir di Kongres Internasional mengumumkan tentang bahaya kelompok-kelompok ekstrem dan takfiri dan menegaskan bahwa kelompok-kelompok ini tidak memiliki hubungan apapun dengan Islam dan Muslimin,” tegas pernyataan tersebut.

Kongres Internasional “Bahaya Gerakan Takfiri di Dunia” tahun ini adalah kongres kedua kalinya yang diselenggarakan di Iran, dengan mengundang ulama Sunni dan Syiah dari berbagai negara. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL