konglo cinaBeijing, LiputanIslam.com — Konglomerat Cina yang memiliki hubungan dekat dengan pajabat Cina, Liu Han dijatuhi hukuman mati karena didakwa terlibat pembunuhan. Pengadilan kota Hubei, menemukan bukti bahwa Liu Han dan saudaranya, Liu Wei bersalah telah “mengorganisir dan memimpin kejahatan pembunuhan model mafia”, demikian laporan kantor berita Xinhua.

Kedua bersaudara tersebut terlibat kejahatan yang sama bersama dengan 34 orang lainnya.

Namun hukuman tersebut menimbulkan penafsiran politis, mengingat Liu Han dikenal dekat dengan mantan pejabat keamanan berpengaruh kuat, Zhou Yongkang.

Menurut dakwaaan pengadilan, Liu melakukan praktik-praktik kejahatan terorganisir dalam menjalankan bisnisnya. Di antara praktik jahat tersebut adalah pembunuhan, penganiayaan dan penculikan.

Pengadilan juga menuduh Lin dan kelompoknya melakukan kolusi dengan pejabat pemerintahan untuk menguasai bisnis mesin permainan di Provinsi Guanghan dan Sichuan.

Kasus ini, sebagaimana dilaporkan BBC, menunjukkan bahwa Cina mengalami masalah serius dalam hal politik dan keamanan, namun juga kejahatan.

Menurut editor BBC Cina, Carrie Gracie, Kasus ini juga menimbulkan pertanyaan yang lebih serius lagi, yaitu tentang legitimasi kepemimpinan Cina. Maka bukan tidak mungkin, kasus ini bakal menjerat Zhou Yongkang, tokoh partai komunis Cina yang pernah menguasai bidang keamanan dan bisnis di Cina hingga tahun 2012.

Beberapa pengamat mengungkapkan bahwa kasus ini adalah kasus korupsi terburuk sepanjang sejarah modern Cina.

Liu, yang pernah memimpin perusahaan pertambangan raksasa Sichuan Hanlong Group, menempati ranking ke 148 orang terkaya Cina versi majalah Forbes tahun 2012. Perusahaannya itu pernah mencoba mengambil alih perusahaan tambang Australia Sundance Resources Ltd.

Beberapa waktu lalu kantor berita Cina telah menuliskan laporan tentang keterkaitan kelompok-kelompok kejahatan di Sichuan dengan Liu Han. Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa pejabat di Provinsi Sichuan yang terkait dengan Zhou Yongkang telah menjalani pemeriksaan.

Spekulasi juga telah berkembang bahwa Zhou tengah menjalani penyidikan kasus korupsi, namun tidak ada konfirmasi dari pejabat Cina.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL