bilderbergersDresden, LiputanIslam.com–Konferensi Grup Bilderberg 2016 telah diselenggerakan pada tanggal 9-12 di Hotel Tashenbergpalais di Dresden, Jerman, dengan kerahasiaan penuh. Konferensi ini dijaga ketat oleh pengawal bersenjata api. Grup Bilderberger adalah grup rahasia, yang disebut-sebut mengatur ekonomi dan politik dunia. Anggota grup ini menyelenggarakan pertemuan secara rahasia dan tidak pernah ada jumpa pers tentang hasil konferensi. Hal itu membangkitkan kecurigaan terhadap Bilderbergers.

Meskipun demikian, website resmi grup Bilderberg merilis nama peserta, sebanyak 130 partisipan dari 20 negara berpartisipasi dalam konferensi ini. Beberapa di antaranya adalah Penasihat Keamanan Nasional AS Henry Kissinger, Raja Willem-Alexander dari Belanda, dan Direktur CIA, David Petraeus.

Empat menteri keuangan, dua perdana menteri, tiga anggota kabinet Jerman, seorang wakil presiden dari komisi Eropa, dan ketua parlemen Swiss juga datang ke konferensi ini. Namun tidak semua nama peserta diumumkan ke publik.

“Tokoh politik dari berbagai kelompok,  serta tokoh industri, keuangan, akademisi, dan tokoh media sudah kami undang,”demikian ditulis dalam website Bilderbergers.

Jurnalis yang diundang ke konferensi ini hanyalah dari NBC, Bloomberg dan the Financial Times.

Grup ini merilis daftar topik yang didiskusikan tahun ini, antara lain masalah China, Eropa (imigrasi, pertumbuhan, pembaruan, visi, kesatuan), Timur Tengah, Rusia, lanskap politik AS, pertumbuhan ekonomi, pembaruan,  pertumbuhan dan hutan, keamanan cyber, harga komoditas dan energi dari geo-politik,  dan inovasi teknologi.

Grup Bilderberger adalah komunitas yang terdiri dari orang-orang kaya dan berpengaruh di bidang politik, perbankan, bisnis, militer, dan media. Rapat pertama Grup Bilderberger diadakan di Hotel de Bilderberg di Belanda pada tahun 1954. (ra/presstv.ir)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL