fotograferJakarta, LiputanIslam.com — Sedikitnya tiga komunitas fotografer di Kota Jambi melakukan aksi amal peduli Palestina selama tiga hari yang mereka beri nama “Btet Gaza”. Demikian dilaporkan kantor berita nasional Antara, Minggu (13/7).

Para fotografer yang tergabung dalam tiga komunitas secara spontan menggelar aksi amal peduli Palestina ini sebagai bentuk solidaritas nasib rakyat Palestina yang tengah menghadapi gempuran militer Israel khususnya di Jalur Gaza.

Fotografer senior Jambi yang bertindak selaku sesepuh dan inisiator kegiatan, Sakti Alam Watir, menjelaskan, kegiatan amal “Btet” atau Bidik Gaza ini mereka gelar dalam berbagai macam aksi, namun difokuskan digelar untuk menarik simpati masyarakat di jalan-jalan.

“Bentuknya bermacam-macam sesuai kreativitas masing-masing komunitas, ada foto gratis, kotak amal, lelang foto, jepret jalanan dan lainnya, ratusan fotografer dengan berbagai spesifikasi keahlian dan media kamera yang dimiliki turun ke jalan mengetuk hati masyarakat Kota Jambi untuk ikut peduli terhadap nasib umat muslim di Jalur Gaza,” kata Sakti.

Adapun kegiatan yang diikuti oleh tiga komunitas fotografer terbesar di Kota Jambi seperti BTet Jambi yang menggelar kegiatan di jalanan Telanaipura pada Sabtu (12/7) mulai pukul 14.00 WIB.

Komunitas PJj yang turun di jalanan di kawasan Masjid Al-Falah dan komunitas BTP yang memusatkan kegiatannya di jalanan kawasan Sungai Kambang Kota Jambi pada Senin (14/7).

Ia mengatakan, dana yang berhasil terhimpun nantinya akan disumbangkan untuk membantu masyarakat Gaza Palestina yang diserang secara barbar oleh tentara Israel hingga menyebabkan banyak korban jiwa tersebut.

“Kita tidak bisa membantu dengan pergi langsung ke Gaza, karena itu kita lakukan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu meringankan beban mereka dengan cara yang bisa dan sesuai keahlian kita yakni di bidang fotografi,” ujarnya.

Sakti mengungkapkan, meskipun pihaknya belum tahu nantinya dana yang dihimpun itu akan disalurkan melalui lembaga atau institusi apa, namun pihaknya tetap optimistis apa yang mereka lakukan akan bisa bermanfaat untuk perbaikan nasib para korban serangan biadab tentara Israel di Jalur Gaza tersebut.

“Kita hanya berpikir kalaupun tak ada lembaga penghimpun, nantinya dana kita ini akan diserahkan ke Pemprov Jambi melalui Gubernur Jambi, selanjutnya Pemprov dan gubernur yang meneruskan penyalurannya ke lembaga yang lebih berkompeten, kita yakin dengan apa yang kita lakukan ini,” tambahnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL