BJ+HabibieJakarta, LiputanIslam.com–Di tengah berbagai komentar pesimis atas Kabinet Kerja Presiden Joko “Jokowi” Widodo, suara optimis muncul dari Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie. Habibie yang sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto, ini disebut mengapresiasi jajaran menteri yang telah dipilih oleh Jokowi.

“Komentar beliau baik, karena beberapa orang beliau kenal dengan nama-nama menterinya,” kata Ketua Dewan Direktur The Habibie Centre, Ahmad Watik Pratiknya usai menjenguk Habibie, seperti dikutip liputan6, Minggu (26/10/2014).

Watik menuturkan, Habibie memang menilai dari mayoritas menteri yang telah diumumkan oleh Jokowi memiliki integritas dan kapasitas yang baik.

“Tadi beliau bilang si ini baik, si ini baik, dan beliau bersyukur karena anak-anak muda (menterinya). Itu juga kan sebagai generasi penerus bangsa,” tutur dia.

Sebelumnya, dalam wawancara yang ditayangkan Kompas TV tanggal 20 Oktober, tepat pada hari pelantikan Jokowi-JK, Habibie memberikan sejumlah saran kepada Jokowi terkait pemilihan menteri.

“Saran saya, pertama karakter orang tersebut, perilakunya. Misalnya, dia itu mempunyai karakter dan budaya, kalau dia bilang merah, merah. Tidak hari ini merah besok hijau lusa putih. Penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki pembantu seperti itu,” ujar Habibie.

Saran kedua, lanjut Habibie, para menteri harus profesional dan mengerti betul mengenai kementerian yang dipimpinnya. Keputusan Jokowi untuk mengisi 15 Menterinya dari unsur parpol, menurut dia tidak masalah jika mereka dapat bekerja secara profesional di bidangnya.

“Saya yakin tidak ada yang sempurna. Tidak bisa kita harapkan langsung Pak Jokowi tok selesai. Untuk hal itu, kalau Pak Jokowi, mengambil orang dan partai, karena alasan apa saja, maka yang masuk ke kabinet itu harus setia. Tidak (setia) pada inti partainya, tapi setia pada program nasional,” ujar Habibie. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL