iran anti drug trafficking policeTeheran, LiputanIslam.com — Seorang komandan polisi khusus anti-narkoba Iran tewas dalam aksi tembak-menembak dengan kelompok pengedar obat terlarang di tenggara Iran, hari Rabu (26/2).

Nourbakhsh Dehghani, yang mengepalai satuan polisi anti narkoba di kota who Iranshahr, Provinsi Sistan dan Baluchestan, tewas tertembak saat menjalankan misi penangkapan terhadap kawanan penyelundup obat terlarang.  Kontak senjata terjadi di dekat Desa Kheyrabad. Dua pengedar obat terlarang juga tewas dalam aksi tersebut.

Iran, yang memiliki perbatasan darat sepanjang 900 km dengan negara penghasil opium terbesar di dunia, Afghanistan, telah lama terlibat perang tanpa henti melawan para pengedar obat-obatan terlarang yang menyelundupkan narkoba dari Afghanistan ke seluruh dunia.

Selama 3 tahun terakhir Iran telah menghabiskan jutaan dollar untuk menutup perbatasannya dengan Afghanistan untuk menghentikan jalur perdagangan narkoba. Perang melawan jaringan narkoba juga telah menewaskan hampir 4.000 aparat keamanan Iran.

Menurut laporan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) tahun 2013, Iran merupakan negara terbesar dalam hal penangkapan opium dan heroin, masing-masing mencakup 80% dan 30% dari total penangkapan barang-barang haram itu di seluruh dunia.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL