bandara donetskMoskow, LiputanIslam.com — Komandan pasukan Ukraina dan milisi separatis bertemu dan berjabat tangan di Bandara Internasional Donetsk yang hancur. Demikian kantor berita Russia Today melaporkan, Minggu (14/12).

Menurut laporan tersebut kedua komandan itu sepakat untuk menghentikan pertempuran sementara dan mencegah “perang saudara” terus berlangsung.

Sebelumnya pasukan Ukraina didampingi pejabat-pejabat Organisasi Kerjasama Eropa (OSCE), mengirimkan suplai untuk pasukan Ukraina yang terkepung di Bandara Donetsk, Jumat (12/12).

Milisi juga mengijinkan pasukan Ukraina melakukan rotasi pasukan. Truk-truk tentara yang ditandai dengan bendera putih sebagai simbol gencatan senjata mengirim 51 tentara dan membawa pergi 48 pasukan.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa komandan kedua pasukan yang bertikai bertemu di dalam bandara yang selama beberapa bulan terakhir telah menjadi ajang pertempuran sengit. Setelah mengatakan bahwa pertemuran harus berhenti, mereka pun berjabat tangan.

“Saya rasa ini adalah perang antara saudara yang tidak diinginkan semua orang. Para pejabat pucak harus memikirkan ini. Sedangkan kami hanyalah tentara-tentara yang menjalankan perintah,” kata komandan batalyon pasukan Ukraina yang dijuluki sebagai ‘Kupol’.

“Saya harap segalanya berjalan baik di masa mendatang, bahwa dengan gencatan ini kita bisa melakukan hal-hal yang baik tanpa banyak pertempuran,” balas komandan batalyon kelompok separatis yang mendapat julukan ‘Motorola’.

Beberapa media Ukraina menyebut gencatan itu sebagai tindakan pura-pura yang telah dirancang oleh pemberontak. Namun beberapa pihak menyebut hal itu asli. Jurnalis independen Ukraina Anatoly Sharin mengatakan kepada Russia Today bahwa tuduhan media massa Ukraina tentang pertemuan itu sebagai “tidak masuk akal”.

“Media-media itu terkesan mencoba membongkar kebohongan, namun terbukti kemudian merekalah yang melakukan kebohongan sendiri,” katanya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL