gen-philip-breedlove-afpBrussels, LiputanIslam.com — AS dan NATO akan terus membantu kapasitas dan kemampuan militer Ukraina. Demikian pernyataan komandan militer NATO Jendral Philip Breedlove dalam kunjungannya di Kiev sebagaimana dilaporkan Russia Today, Kamis (27/11).

Pernyataan tersebut sekaligus mementahkan peringatan Rusia bahwa langkah tersebut akan memicu reaksi keras Rusia.

Jendral Philip Breedlove yang menjadi komandan tertinggi pasukan AS di Eropa dan komandan operasi NATO, dalam jumpa pers yang digelar di Kiev, Rabu (26/11) mengatakan bahwa “rencana komprehensif bagi peningkatan militer Ukraina telah dibuat”.

Ia menambahkan bahwa rencana itu dibuat setelah melalui 25 kunjungan, yang sebagian darinya bahkan telah dilaksanakan.

“Pekerjaannya berlangsung lancar, dan ini telah mendapat dukungan dari komandan saya,” kata Breedlove, seraya menambahkan bahwa prosesnya akan dilanjutkan dengan mengembangkan kemampuan militer Ukraina melalui “rangkaian pelatihan-dukungan-masukan”.

Ia menyebut, dukungan AS kepada Ukraina sangat penting “di bawah ancaman-ancama besar”, tanpa menyebutkan Rusia yang oleh AS dituduh telah mendukung pemberontakan di Ukraina timur.

Tentang keberadaan pasukan Rusia di perbatasan maupun di dalam wilayah Ukraina, Breedlove mengatakan, “Jumlah yang kami ketahui selama beberapa minggu telah berubah banyak, antara delapan hingga 10 batalyon di perbatasan, namun itu bukan masalah utama,” kata Breedlove dengan menambahkan bahwa yang menjadi konsern AS adalah kemampuan tempur Rusia, bukan jumlahnya.

Tentang pengiriman senjata mematikan ke Ukraina, Breedlove menyebutkan bahwa untuk saat ini pilihan itu “ada di meja”, meski buru-buru menambahkan bahwa prioritas yang lebih penting adalah penyelesian diplomatik.

Ia juga tidak menampik kemungkinan masuknya Ukraina sebagai anggota NATO sebagaimana disebutkan Presiden Ukraina Poroshenko baru-baru ini.

“Kami tidak mencari anggota, mereka (Ukraina) yang menginginkan menjadi anggota NATO,” kata Breedlove.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL