Washington, LiputanIslam.com—Komandan tinggi Angkatan Laut AS di Asia-Pasifik, Harry Harris, mengatakan kepada Kongres bahwa Amerika harus mempersiapkan kemungkinan perang dengan Cina.

Berbicara di depan House Committee on Armed Services pada Kamis (15/2/18),  Harris mengungkapkan bahwa Cina sudah memperlihatkan niat yang “sangat jelas” untuk mendominasi Laut Cina Selatan.

“Menilai perilaku regional Cina, saya khawatir bahwa Cina akan berupaya mengacaukan aturan internasional, bukan hanya di Indo-Pasifik tapi juga dalam skala global,” ujarnya.

“Jika AS tidak bekerja dengan cepat, [Komando Pasifik] akan kesulitan menandingi Tentara Pembebasan Rakyat [人民解放軍] dalam medan perang di masa depan,” tambahnya.

Ia kemudian mengklaim bahwa Cina telah menggunakan “modernisasi militer, operasi pengaruh dan ekonomi predator untuk mengatur negara-negara tetangga demi keuntungan mereka.”

Pada hari Senin lalu, Departemen Pertahanan AS meminta Kongres untuk menyetujui penambahan anggaran untuk melawan “ancaman” dari Rusia, Cina, dan Korea Utara.

Pentagon meminta anggaran sebanyak $686 milyar untuk kebutuhan militer pada 2019. Permintaan ini merupakan salah satu yang terbesar dalam sejarah AS.

Wakil Sekretaris Departemen Pertahanan, David L. Norquist, mengatakan kepada wartawan di hari yang sama bahwa penambahan anggaran itu bertujuan untuk menetralisasi ancaman yang dibuat Cina dan Rusia yang “ingin membentuk sebuah dunia yang konsisten dengan sistem otoriter mereka.” (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*