kolindaZagreb, LiputanIslam.com — Pemimpin oposisi Kroatia dari partai konservatif Kolinda Grabar-Kitarovic diperkirakan bakal memenangkan pilpres Kroasia setelah hasil sementara menunjukkan keunggulannya.

Seperti dilansir Press TV, Senin (12/1), dalam penghitungan yang dilakukan Minggu (11/1) dari 80% suara yang masuk, Kolinda berhasil mendapatkan 50,44% suara, unggul tipis dari presiden inkumben Ivo Josipovic yang meraih 49.56% suara.

Kolinda Grabar-Kitarovic adalah mantan menteri luar negeri dan mantan Asisten Sekjen NATO. Jika kemenangannya disyahkan, Kolinda bakal menjadi presiden wanita pertama di Kroasia.

Jabatan presiden di Kroasia secara umum adalah sebuah jabatan seremonial namun masih memiliki kedudukan sangat strategis. Presiden masih memiliki hak suara dalam urusan kebijakan luar negeri dan inteligen. Selain itu presiden juga menjabat sebagai panglima angkatan bersenjata.

Kekalahan Ivo Josipovic menjadi ujung dari kegagalan pemerintahan sosialis dalam 6 tahun terakhir menangani resesi dan hutang pemerintah yang menumpuk serta pengangguran yang tinggi hingga mencapai 20%.

Kroatia bergabung dengan Uni Eropa pada pertengahan tahun 2013, menjadi negara terakhir yang bergabung dengan blok tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*